Keluaran 10

Pasal ini dibaca pada 9 April 2017.

Tulah kedelapan adalah belalang (suatu tulah datang karena adanya penolakan untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan). Pada tulah ke-8 ini Firaun mengakui kesalahannya karena sudah tidak tahan lagi dengan tulah yang terjadi ini.

Iblis tidak menginginkan kita membawa anak2 kita beribadah kepada Tuhan (analogi atas pelarangan Firaun atas Israel yang hendak membawa anak2 mereka serta dalam memberikan korban bakaran bagi Tuhan).

Tulah kesembilan adalah Gelap Gulita. Namun beda gelap yang diceritakan dalam pasal ini. Bedanya, gelap itu bisa diraba. Kok bisa ya? Nggak tahu lah. Tulah ini adalah tulah kedua yang tidak memberikan aba2 sebelum terjadi, seperti tulah keenam (barah). Soalnya beberapa tulah lainnya, ada pemberitahuan dulu kepada Firaun yang dilakukan oleh Musa sebelum kejadian.

Firaun membiarkan orang Israel serta anak2 mereka untuk beribadah kepada Tuhan, dengan syarat tanpa membawa korban sembelihan dan bakaran (Hal ini bagi saya dimaknai seperti ini: Ibadah sejati kepada Tuhan harus disertai dengan sebuah 'pengorbanan').

;)

Popular Posts