2 Raja-Raja 3

Kembali lagi membaca Alkitab setelah 8 bulan berlalu.

Saya pengen melanjutkannya hingga berakhir.

Tema pasal ini tentang kemenangan orang Israel atas orang Moab.

Perang terjadi setelah Ahab, meninggal. Mesa, raja Moab tidak lagi melakukan kewajibannya untuk orang Israel.

Yerobeam, raja Israel saat itu meminta bantuan raja Yehuda, dan raja Edom untuk memerangi orang Moab.

Dalam perjalanan mereka kehausan dan tidak menemukan air untuk diminum. Raja Israel pun bertanya pada pasukannya siapa yang bisa membantu mereka agar tidak kelelahan sebelum melawan orang Moab.

Nabi Elisa pun diminta untuk membantu mereka. Nabi Elisa pada awalnya tidak mau membantu raja Israel, namun karena rasa hormatnya kepada Yosafat, raja Yehuda, ia mau membantu mereka.

Nabi Elisa memberi saran strategi sebagai berikut.

Membuat parit2. Dan menunggu dari sana datang air. Pada waktu itu tidak terjadi angin dan hujan. Mungkin saja air datang seperti 'mual'. Datang dari dalam tanah.

Dari parit2 itu mereka mendapat air untuk diminum. Setelah hari menjelang sore, warna air berubah menjadi merah dan terlihat oleh orang Moab.

Orang Moab berpikir bahwa orang Israel telah berperang dan darah mereka bercucuran ke parit itu. Orang Moab pun dengan segera pergi kesana tanpa persiapan untuk berperang, untuk mengambil barang jarahan.

Setelah mereka tiba, orang Israel pun menumpas mereka. Namun, raja Moab selamat dan pergi bersama pasukannya dan anaknya, calon raja Moab melarikan diri.

Orang Israel tidak mengejar mereka karena mendapat kabar buruk menimpa mereka. Mereka pun kembali ke tempat mereka.

Hal yang bisa saya pelajari dari sini adalah

Jangan pernah lengah ketika hendak berperang.

Popular Posts