2 Raja-Raja 4

2 Raja-Raja 4 ini sangat membuat pikiran saya penasaran.

Kenapa?

Hampir semua mujizat yang dilakukan Elisa di pasal ini mirip seperti yang dilakukan oleh Yesus.

Pertama, minyak seorang janda
Elisa menyuruh seorang istri nabi untuk mengisi bulir2nya dengan minyak yang tersisa di rumahnya hingga banyak bulir2 terisi penuh. Dan bulir2 ini dijual untuk membayar utang suaminya.

Hal ini mirip dengan kejadian, ketika Yesus menyuruh orang ketika pesta perkawinan untuk mengisi bulir2 dengan air. Dan air itu berubah jadi anggur, sehingga orang2 yang berada di pesta tidak kekurangan anggur.

Kedua, Menghidupkan seorang anak
Elisa bernubuat bagi seorang wanita yang suaminya sudah tua akan mempunyai seorang anak setelah 1 tahun. Hal ini dikarenakan perempuan tersebut memberikan kamar dengan tulus bagi Elisa dan bujangnya, Gehazi. Setelah 1 tahun, perempuan Sunem itu punya anak. Tetapi terjadi kecelakaan ketika di ladang gandum. Kepalanya terkena sabit sehingga ia diduga 'mati'.

Perempuan itu pun menemui Elisa di gunung Karmel dan meminta menyembuhkan anaknya. Elisa menyuruh Gehiza dengan membawa tongkatnya untuk menyembuhkan anak itu. Tetapi tidak terjadi. Lalu, Elisa masuk ke kamar anak itu, dan berbaring tepat di atas badan anak itu. Ia membuat anak itu panas dan menghembuskan nafas kepadanya. Dan anak itu hidup kembali.

Kejadian ini, mirip sekali dengan anak dari sepupu Yesus yang telah meninggal 4 hari berlalu. Yesus menghidupkannya kembali.

Ketiga, Racun jadi Makanan
Kalo yang ini nggak ada yang mirip ke mujizat yang dilakukan Yesus. Yaitu, Elisa memberi makan orang yang kelaparan di Gilgal dari campuran tepung dan Labu liar (beracun).

Keempat, Memberi Makan Ratusan Orang
Elisa menyuruh orang dari Baal-Salisa untuk memberi makan ratusan orang hanya dengan bermodalkan 20 roti jelai dan sekantong gandum. Dan tersisa pula. Mirip dengan kejadian saat Yesus memberi 5000 orang makan dari 5 roti dan 2 ikan.

Dari fenomena2 ini, saya jadi bertanya2 dalam hati.

Apakah kisah Yesus adalah benar hasil 'karangan' dari orang Romawi seperti yang banyak dituduhkan? Sebab banyak kemiripan dengan peristiwa2 yang terjadi di masa Perjanjian Lama?

Popular Posts