Keluaran 5

Pasal ini dibaca pada Selasa, 4 April 2017.

[Opini] Kalok kagak salah, Firaun adalah orang kedua yang menyebut nama TUHAN. Dalam bahasa Ibraninya, YHWH. Nama ini termasuk nama yang sakral bagi orang Israel. Nggak bisa disebut secara sembarangan.

Firaun melarang orang Israel mempersembahkan korban bagi TUHAN. Bahkan, ia menyebut orang Israel adalah orang pemalas. In addition, Firaun berkata bahwa "Pekerjaan lah harus yang terutama".

'Mandur' (mandur? Nggak tahu apa ini, tapi itulah yang tertulis di catatanku saat itu) Israel telah mempersulit kehidupan orang Israel, padahal Musa dan Harun disuruh oleh Tuhan.
(Mungkin maksduku saat itu adalah, orang Israel mencurigai Musa dan Harun sebagai mata2 bagi Firaun, padahal Musa dan Harun yang disuruh oleh Tuhan untuk memimpin mereka.)

(Percakapan Musa dan TUHAN ini fascinating.)
Lalu kata Musa kepada TUHAN, "Tuhan, mengapakah Kau perlakukan umat ini begitu bengis?" Tetapi jawab TUHAN, "Sekarang engkau akan melihat ...".

[Opini] Ketika Tuhan hendak mengutus kita, Ia akan menunjukkan hal2 yang sulit kepada kita. Namun, hal2 sulit itu adalah sebuah pertanda atau gejala bahwa 'hal2 ajaib akan terjadi di depan mata kita'.

;)

Popular Posts