Keluaran 9

Pasal ini saya baca pada 8 April 2017.

Tulah kelima adalah penyakit sampar pada ternak. Tulah ini merupakan tulah pertama yang mengambil nyawa tetapi pada ternak.

Tulah keenam adalah barah. Tulah ini adalah tulah pertama yang menjangkiti manusia (rakyat Mesir).

Tulah ketujuh adalah hujan es. Tulah ini disertai juga oleh guruh dan api. Tulah pertama yang terjadi pada alam (cuaca).

Sebelumnya, Tuhan memberitahukan hikmat-Nya kepada Firaun tentang alasan Ia mendatangkan tulah2 tersebut, yaitu "Untuk memperlihatkan kekuatan, dan supaya nama-Nya dimasyhurkan di seluruh bumi."

Bumi adalah milik TUHAN.

[?] Apakah Tanah Mesir dulu adalah gurun pasir? Mungkin tidak, karena kalo iya, bagaimana dengan Gosyen yang ditempati orang Israel bersama ternak2 mereka (rumput makanan hewannya juga)? Jadi, 'debu' yang dimaksud pada ayat 9 ini yang bagaimanakah maksudnya? Karena 'debu' itu dikatakan meliputi seluruh Mesir?
(Bingung juga saya melihat opini ini saat ini. Kan bisa aja debu ada di setiap tempat. Sama kayak daerah sekitar Gunung Sinabung yang diliputi oleh debu hasil erupsi gunung itu. Tapi, daerah sekitarnya kan bukan gurun... kocak juga opini ini ya? Namanya pun belajar. Salah itu memang pasti terjadi.)

[?] Apakah tanaman Rami dan Jelai itu?

;)

Popular Posts