Kejadian 10

Pada pasal ini berbicara tentang "daftar bangsa-bangsa keturunan Sem, Ham, dan Yafet". Saya tidak tahu harus mengambil apa dari nats ini, tapi muncul sebuah kalimat dalam pikiran saya ketika membaca keturunan Sem dan Ham dimana banyak nama tidak memiliki rekam jejak dalam Alkitab, dan saya menghubungkannya pada dunia nyata dimana sering orang membuat nama dengan mengambil nama-nama dari Alkitab. 

Yang saya lihat, banyak orang yang memiliki nama mirip Alkitab tidak memiliki karakter yang kurang baik. Sebab saya berpikir sebelumnya, bahwa setiap nama yang diambil dari Alkitab adalah orang-orang baik. Oleh karenanya, jikalau suatu saat nanti saya memiliki anak, saya akan mengambil nama dari Alkitab tetapi yang memiliki rekam jejak yang benar dihadapan Tuhan.

Ternyata dari keturunan Ham (Bapa Kanaan) lah orang-orang Filistin (keturunan Misraim) lahir. Tetapi, Ham memperanakkan tiga orang yaitu Kush, Misraim, Put dan Kanaan. Berarti, tanah Kanaan bukanlah tanah Filistin, tetapi tanah saudara orang-orang Filistin.

Pada pasal ini ada tertulis "...masing-masing ditanahnya, dengan bahasanya sendiri, menurut kaum dan bangsa mereka." Berarti, bukan dari Babel awal mula perbedaan bahasa.

Pertanyaan:
Kenapa Ham disebut Bapa Kanaan padahal Kanaan adalah anak bungsu dari Ham? Kenapa bukan Kush? Bukankah Kush adalah anak sulung?

Popular Posts