Kejadian 9

Sebelum peristiwa air bah ada dikatakan "Binatang yang haram ... ", tetapi setelah air bah usai, pada pasal 9 : 3 dikatakan "Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu."
Apakah ini berarti tentang binatang yang diharamkan tadi termasuk juga makanan orang Israel?

Ayat 12 dan 13 mungkin menjelaskan bahwa Allah selalu membuat TANDA akan janji-Nya.

Kenapa busur pada awan (pelangi) diletakkan Allah sebagai tanda perjanjiann-Nya? Apakah ada kegunaan lain dari pelangi secara ilmiah? Mungkinkah pelangi mempengaruhi iklim?

NUH PEMBUAT KEBUN ANGGUR.

Pada pasal "Nuh dan anak-anaknya", Ham melihat ayahnya telanjang lalu menceritakannya kepada kedua saudaranya, tetapi Sem dan Yafet, menutup aurat ayahnya. Karena hal ini, Ham (Bapa Kanaan) mendapat kutukan dari ayahnya, sedangkan Sem dan Yafet mendapat berkat.
Hal ini memberitahukan saya, bagaimanapun kesalahan yang diperbuat oleh orangtua kita, kita tidak boleh mengumbar-umbarnya kepada orang lain, tetapi kita membantu orangtua kita untuk memperbaiki dirinya dari kesalahannya. Mungkin arti "mengumbar-umbar" disini adalah menjelek-jelekkan, karena kalo tidak, bagaimana dengan "curhat kepada teman/sahabat tentang keluarga kita", karena di dalam curhat biasanya diselipkan "kalimat pengharapan". Inilah yang saya maksud tidak mengumbar-umbar kesalahan orang lain.

Curhat yang benar adalah ungkapan perasaan kesedihan maupun kebahagiaan yang didalamnya dimuat kalimat pengharapan.  

Popular Posts